Cari Blog Ini

Jumat, 17 Februari 2012

RPP BAHASA INDONESIA SMA XII-2.b


RENCANA PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola

KOMPETENSI DASAR
  12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola
pengembangan pembuka, isi, dan penutup
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu menentukan topik untuk menulis esai
·   Mampu menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·   Mampu menyusun paragraf pembukaan
·   Mampu menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
·   Mampu menyusun paragraf penutup
·   Mampu memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Esai
Teknik menyusun kerangka karangan
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf pembuka karangan
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf isi karangan
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf penutup karangan
Contoh-contoh paragraf pembuka, isi, penutup
Teknik menyunting/memperbaiki karangan







KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Siswa ditanya pemahamannya mengenai esai
F Siswa ditanya pemahamannya mengenai pola pengembangan pembuka, isi, penutup
·   Mandiri

INTI
& Eksplorasi
F Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi
F Guru membacakan contoh esai
F Siswa mengidentifikasi ciri-ciri esai
F Guru memberikan beberapa topik kepada siswa
& Elaborasi
F Siswa berdiskusi untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan
F Siswa menulis  esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
F Siswa saling menukarkan esai dan memperbaiki esai temannya (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif

PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F Siswa diminta mengungkapkan kesulitan yang dialaminya ketika menyusun paragraf
F Siswa diminta mengungkapkan kesalahan terbanyak yang ada pada teks esai tulisan temannya
·      Bersahabat/ komunikatif
METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 124-131
Gorys Keraf. Komposisi. Ende-Flores : Nusa Indah
Lamudin Finosa. 2005. Komposisi. Jakarta : Diksi Insan Mulia
 
Material: VCD, kaset, poster

  v
Mediacetak dan elektronik
Berita, tajuk, editorial, esai, artikel yang pola pengembangannya sesuai dengan materi
 v
Website internet
Teks paragraf dengan pola pengembangan yang sesuai materi
  V
Narasumber
Siswa yang sudah biasa menulis

Model peraga

  V
Lingkungan
Teks-teks wacana lain yang bisa diemukandi masyarakat yang sesuai dengan materi


Metode
  v
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

 
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
 
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
 
Pengukuran Sikap
 
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang esai
Daftar pertanyaan lisan tentang pola-pola pengembangan paragraf
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan kerja mandiri
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


RUBRIK PENILAIAN PENULISAN KARANGAN BERPOLA

NAMA                                          :
KELAS/NO. ABS           :
TANGGAL PENILAIAN:
  KOMPETENSI DASAR: Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka,
                                                      isi, dan penutup
N0
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
 1
Pemilihan topik
Aktualitas topik esai




a. Aktual                                                         Skor  3
b. Cukup aktual                                              Skor  2
c. Kurang aktual                                             Skor  1
d. Tidak aktual                                               Skor  0
 2
Teknik
Pengembangan
pembuka
Teknik pembukaan esai menarik atau tidak

a. Menarik                                                      Skor  3
b. Cukup menarik                                           Skor  2
c. Kurang menarik                                          Skor  1
d. Tidak menarik                                            Skor  0
 3.
Teknik pe ngembangan
isi
Teknik pengembangan isi koheren dengan pembuka atau tidak

a. Koheren                                                      Skor  3
b. Cukup koheren                                           Skor  2
c. Kurang koheren                                          Skor  1
d. Tidak koheren                                            Skor  0
 4.
Teknik pengembangan
Penutup
Teknik pengembangan penutup esai koheren dengan isi atau tidak

a. Koheren                                                      Skor  3
b. Cukup koheren                                           Skor  2
c. Kurang koheren                                          Skor  1
d. Tidak koheren                                             Skor  0
 4
Ejaan dan tanda baca
Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca

a. Tanda baca & ejaan yang ada semua benar  Skor  3
b. Ada 1-5 ejaan atau tanda baca yang salah    Skor  2
c. Ada 6-10 ejaan atau tanda baca yang salah  Skor  1
d. Lebih dari 10 ejaan atau tanda baca salah    Skor  0
 5
Struktur kalimat
Ketepatan penggunaan struktur kalimat

a. Semua kalimat strukturnya tepat                  Skor  3
b. Ada 1 kalimat yang strukturnya salah          Skor  2
c. Ada 2 kalimat yang strukturnya salah          Skor  1
d. Lebih dari 2 kalimat yang strukturnya salah Skor  0
 6.
Diksi
Ketepatan diksi

a. Tepat                                                             Skor  3
b. Cukup tepat                                                  Skor  2
c. Kurang tepat                                                 Skor  1
d. Tidak tepat                                                    Skor  0

Mengetahui,                                                                         ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                       ------------------------------
 NIP :                                                                                      NIP :

RENCANA PEMBELAJARAN

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA/MA .......................
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
13. Memahami pembacaan teks drama

KOMPETENSI DASAR
13.1  Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)






TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan    

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks drama baca
Pembacaan teks drama dengan intonasi dan ekspresi sesuai karakter
Unsur-unsur intrinsik  : tema, penokohan, latar, alur, amanat


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru memutar rekaman cuplikan  sinetron remaja yang sedang populer.
F Guru   menanyakan siapa saja siswa  yang mengikuti cerita sinetron tersebut. Kepada siswa yang menonton, guru mengajukan sejumlah pertanyaan seputar isi ceritanya: siapa tokoh utama, karakternya, tema, amanat, latar cerita, dsb.
F Guru menyatakan bahwa dalam cerita sinetron, film, drama, dan cerita fiksi lain selalu memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik.

·   Mandiri



INTI
Pertemuan ke-1   (45’)

& Eksplorasi
F Guru menyiapkan konsentrasi siswa untuk mendengarkan pembacaan drama dan difokuskan pada  unsur intrinsik  yang akan dibahas
F Siswa menyimak pembacaan teks drama yang dilakukan oleh beberapa siswa yang ditunjuk Guru.
F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi cerita drama yang disampaikan secara lisan oleh Guru.
F Siswa saling menukarkan pekerjaan /jawabannya untuk diperiksa secu77aara silang di bawah bimbingan Guru

·      Kreatif
Pertemuan ke-2   ( 90’)

& Elaborasi
F Guru mengulas lebih mendalam dua unsur intrinsik, yaitu alur dan konflik.
F Siswa berdiskusi kelompok untuk  mengungkap alur dan jenis konflik yang ada dalam drama yang didengarkan.
F Guru mengamati kinerja siswa dalam mengikuti diskusi kelompok dan membuat catatan penilaian
F Secara bergiliran, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan  hasil diskusinya. Kelompok lain diwajibkan untuk memberikan tanggapan kritis atas isi presentasi.
F Guru memberikan ulasan dan komentar   terhadap  hasil presentasi  semua kelompok. Guru juga mengomentari kinerja individu dalam memberikan tanggapan. Ditunjukkan tanggapan yang bagus berikut alasannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

F Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
F Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
F Guru menyampaikan tugas mandiri untuk menyaksikan suatu cerita sintron/drama di radio atau televisi  dan mengungkap unsur-unsur intrinsiknya.
                                                                                              
Bersahabat/ komunikatif
 SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  99 – 107
Pengantar Bermain Drama karya Adjib Hamzah  terbitan CV Rosda
Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi karya LT Tjahjono terbitan Nusa Indah halaman 186 – 198
V
Material: VCD, kaset, poster
 VCD cuplikan  drama/sinetron tv yang sedang digemari

V
Mediacetak dan elektronik
 teks drama

Website internet


Narasumber

V
Model peraga
Siswa peraga pembaca teks drama

Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa
PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mendengarkan pembacaan teks drama
Tugas untuk menganalisis dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerita drama 
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI



Mengetahui,                                                                         ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                                   ------------------------------
 NIP :                                                                                         NIP :


RENCANA PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
13. Memahami pembacaan teks drama
KOMPETENSI DASAR
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mampu menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·   Mampu menyampaikan simpulan isi teks drama
·   Mampu membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks drama
Simpulan isi drama







KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Siswa ditanya mengenai cara menyimpulkan isi drama
F Siswa ditanya mengenai unsur-unsur intrinsik yang bisa digunakan untuk mencari kesimpulan isi drama
·   Mandiri

INTI
& Eksplorasi
F Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi
F Dalam kelompoknya siswa menentukan pembaca dialog dalam naskah drama sesuai dengan tokoh drama
& Elaborasi
F Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasikan pokok-pokok isi dialog tokoh
F Setiap wakil kelompok secara bergantian membacakan pokok-pokok isi dialog hasil diskusi kelompoknya
F Anggota kelompok lain memberikan tanggapan simpulan isi teks drama
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

F Siswa diminta menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
F Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang manfaat atau nilai-nilai yang bisa dipetik dari isi drama tersebut
F Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
·      Bersahabat/ komunikatif
METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 109-111
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pembacaan teks naskah drama
  
Media cetak dan elektronik


Website internet

  V
Narasumber


Model peraga
Siswa yang punya pengalaman  sebagai pemain drama/sinetron/film
  V
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang sesuai 


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

  V
Demontrasi /Pemeragaan Model


PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
 
Pengukuran Sikap
  v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang cara menyimpulkan isi drama
Daftar pertanyaan tentang unsur-unsur intrinsik yang bisa digunakan untuk mencari kesimpulan isi drama
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

RUBRIK PENILAIAN PENYIMPULAN ISI DRAMA


NAMA                                    :
KELAS/NO. ABS     :
TANGGAL PENILAIAN      :
KOMPETENSI DASAR      : Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama     


N0
Aspek yang Dinilai
Amat Baik
Skor = 5
Baik
Skor = 4
Biasa Saja
Skor = 3
Jelek
Skor = 2
Amat Jelek
Skor = 1
Jumlah Skor
01.
Ketepatan isi







02.
Keruntutan urutan







03.
Kejelasan kesimpulan







04.
Disertai penjelasan dan alasan yang logis






05.
Kelancaran penyampaian







06.
Kemudahan dipahami







07.
Diksi







08.
Struktur kalimat








Jumlah Skor







     
Pedoman penyekoran = Amat jelek = 1-8          
                                       Biasa saja  = 17-24       
                                 Jelek          = 8-16   
                                 Baik           = 25-32    
                                 Amat baik = 33-40 


Mengetahui,                                                                        ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                     ------------------------------
 NIP :                                                                                    NIP :















RENCANA PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

KOMPETENSI DASAR
 14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam.
 14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
§  Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
§  Membacakan gurindam
§  Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
§  Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
§  Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
§  Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
§  Mampu membaca gurindam
§  Mampu mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
§  Mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
§  Mampu menemukan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
·   Mampu menanggapi secara lisan pembacaan gurindam dengan mengemukakan cirri dan nilai dalam gurindam
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks gurindam
Teknik pembacaan gurindam
Ciri-ciri gurindam
Nilai-nilai yang ada dalam (budaya, agama, estetika, moral)
Pesan-pesan yang disampaikan melalui gurindam
Teknik menanggapi secara lisan pembacaan gurindam





KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru dan siswa bertanya jawab tentang jenis-jenis puisi lama
F Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian gurindam
·   Mandiri

INTI
& Eksplorasi
F Guru membacakan atau memperdengarkan pembacaan gurindam
F Siswa membaca beberapa teks gurindam secara bergantian
& Elaborasi
F Siswa berdiskusi untuk menentukan ciri-ciri gurindam 
F Siswa berdiskusi untuk menentukan nilai-nilai dalam gurindam yang dibacanya
F Siswa berdiskusi untuk menentukan pesan-pesan dalam gurindam yang dibacanya
F Siswa meyampaikan secara lisan tanggapan terhadap pembacaan gurindam dengan mengemukakan cirri dan nilai dalam gurindam
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan persepsi)
F Siswa merefleksikan nilai-nilai dalam gurindam
F Siswa merefleksikan pesan-pesan dalam gurindam
F Siswa mengerjakan uji kompetensi
F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori
·      Bersahabat/ komunikatif


METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
 v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
136-142
Buku-buku tentang kaya sastra Melayu lama
 v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pembacaan gurindam
 v
Media cetak dan elektronik
Majalah sastra yang memuat puisi lama (gurindam)

Website internet

 
Narasumber

 
Model peraga

  v
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan materi


Metode
  v
Presentasi

  v
Diskusi Kelompok

  v
Inquari

  v
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
 
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang jenis-jenis puisi lama dan gurindam
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang gurindam
Daftar perintah untuk diskusi, presentasi, dan pengukuran sikap
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


RUBRIK PENILAIAN
MENANGGAPI SECARA LISAN PEMBACAAN GURINDAM


NAMA SISWA                      :
KELAS/NO. ABSEN           :
TANGGAL PENILAIAN     :
STANDAR KOMPETENSI :    Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
KOMPETENSI DASAR      :     Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  


NO
KOMPONEN YANG DINILAI
SKOR
1
2
3
4
5
01.
Tanggapan sesuai dengan objek yang ditanggapi





02.
Isi tanggapan khusus terhadap ciri dan nilai gurindam





03.
Tanggapan disampaikan secara runtut





04.
Tanggapan disertai penjelasan dan alasan yang logis





05.
Tanggapan disampaikan secra lancar, tidak terbata-bata, tidak banyak perhentian untuk berpikir





06.
Disertai ekspresi wajah dan gerak yang wajar





07.
Bersikap wajar, tidak mencemooh





08.
Disampaikan dengan pilihan kata yang tepat dan sopan





09.
Kalimatnya sederhana dan komunikatif





10.
Pelafalan dan intonasi jelas dan tepat







JUMLAH SKOR (MAKSIMAL 50)







Mengetahui,                                                                         ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                                  ------------------------------
 NIP :                                                                                        NIP :




RENCANA PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
15.       Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
KOMPETENSI DASAR
15.1    Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer.
15.2    Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   

ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
·   Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
·   Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
·   Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·   Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·   Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   
·   Mampu mengidentifikasi tema puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
·   Mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
·   Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Kumpulan puisi kontemporer
Ciri-ciri puisi kontemporer
Tema dan maksud puisi kontemporer
Bentuk puisi kontemporer
Diksi pada puisi kontemporer





KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai pengetahuannya tentang puisi kontemporer
·   Mandiri

INTI
& Eksplorasi
F Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi
F Siswa membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
& Elaborasi
F Siswa  berdiskusi untuk mengidentifikasi puisi-puisi kontemporer 
F Siswa  berdiskusi untuk menentukan tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
F Siswa  berdiskusi untuk menentukan tema dan maksud puisi kontemporer
F Siswa  menjelaskan maksud, tema, dan isi puisi kontemporer
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
F Siswa diminta mengungkapkan pengalaman hidupnya yang sesuai dengan tema dan isi puisi kontemporer

·      Bersahabat/ komunikatif
METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
 
Material: VCD, kaset, poster

  v
Media cetak dan elektronik
Koran, majalah, TV, radio yang mempublikasikan puisi kontemporer

Website internet

  V
Narasumber
Penyair kontemporer

Model peraga

  V
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan tema puisi


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

  V
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  V
Pengukuran Sikap
  v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang puisi kontemporer
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI



Mengetahui,                                                                        ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                  Guru Mata Pelajaran,




 ---------------------------------                                                      ------------------------------
 NIP :                                                                                     NIP :








RENCANA PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit
TEMA

STANDAR KOMPETENSI
16.Mengungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai
KOMPETENSI DASAR
16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai.
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuK engomentari  karya sastra 

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
·   Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·   Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
·   Mampu mengidentifikasi ciri-ciri kritik 
·   Mampu mengidentifikasi ciri-ciri esai 
·   Mampu menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
·   Mampu menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
·   Mampu menyunting tulisan kritik dan esai sastra milik teman kontemporer melalui kegiatan membaca
·   Mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
·   Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif
·   Kepemimpinan
·   Percaya diri
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Ciri-ciri kritik 
Ciri-ciri esai 
Prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
Cara menulis kritik dan esai
Cara menyunting kritik dan esai sastra
Contoh-contoh kritik dan esai sastra





KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA
(Apersepsi)
F Guru dan siswa bertanya jawab tentang kritik sastra
F Guru dan siswa bertanya jawab tentang esai sastra
·   Mandiri

INTI
& Eksplorasi
F Siswa membaca contoh kritik dan esai sastra
F Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi ciri-ciri kritik 
& Elaborasi
F Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi ciri-ciri esai 
F Siswa berdiskusi untuk merumuskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
F Siswa berlatih menerapkan prinsip-prinsip penulisan untuk menyusun kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
F Siswa menyunting tulisan kritik dan esai sastra milik teman
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·   Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi dan persepsi)
F Siswa merefleksikan materi yang sudah dipelajarinya
F Siswa mengerjakan uji kompetensi
F Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori
·      Bersahabat/ komunikatif
METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
 v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
169-174
Sastra Indonesia dalam Kritik dan Esai
 v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran menulis kritik dan esai
 v
Media cetak dan elektronik
Krtitik atau esai yang dipublikasikan di koran, majalah, TV, atau radio

Website internet

  v
Narasumber
Kritikus dan penulis esai sastra
  v
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman hidup yang sesuai dengan
  v
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan


Metode
  v
Presentasi

  v
Diskusi Kelompok

  v
Inquari

 
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang kritik
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang esai
Daftar pertanyaan untuk tes tulis tentang penulisan kritik dan esai sastra
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI



RUBRIK PENILAIAN PENULISAN KRITIK/ESAI
UNTUK MENGOMENTARI KARYA SASTRA

NAMA                                          :
KELAS/NO. ABS           :
TANGGAL PENILAIAN     :
  KOMPETENSI DASAR       : Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra   
N0
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
 1
Pemilihan topik
Aktualitas topik esai




a. Aktual                                                         Skor  3
b. Cukup aktual                                              Skor  2
c. Kurang aktual                                             Skor  1
d. Tidak aktual                                               Skor  0
 2
Ketepatan pemilihan objek  karya sastra dengan tujuan penulisan
Pemilihan karya sastra tepat/sesuai dengan tujuan penulisan




a. Tepat                                                          Skor  3
b. Cukup tepat                                                Skor  2
c. Kurang tepat                                               Skor  1
d. Tidak tepat                                                 Skor  0
 3
Ketepatan penerapan prinsip-prinsip penulisan kritik/esai
Prinsip-prinsip penulisan kritik/esai diterapkan secara :




a. Tepat                                                          Skor  3
b. Cukup tepat                                                Skor  2
c. Kurang tepat                                               Skor  1
d. Tidak tepat                                                 Skor  0
 4
Ketepatan isi tulisan dengan jenis dan tujuan tulisan
Isi tulisan tepat/sesuai dengan jenis dan tujuan penulisan kritik/esai

a. Tepat                                                          Skor  3
b. Cukup tepat                                                Skor  2
c. Kurang tepat                                               Skor  1
d. Tidak tepat                                                 Skor  0
 5
Ejaan dan tanda baca
Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca

a. Tanda baca & ejaan yang ada semua benar  Skor  3
b. Ada 1-5 ejaan atau tanda baca yang salah    Skor  2
c. Ada 6-10 ejaan atau tanda baca yang salah  Skor  1
d. Lebih dari 10 ejaan atau tanda baca salah    Skor  0
 6
Struktur kalimat
Ketepatan penggunaan struktur kalimat

a. Semua kalimat strukturnya tepat                  Skor  3
b. Ada 1 kalimat yang strukturnya salah          Skor  2
c. Ada 2 kalimat yang strukturnya salah          Skor  1
d. Lebih dari 2 kalimat yang strukturnya salah Skor  0
 7.
Diksi
Ketepatan diksi

a. Tepat                                                             Skor  3
b. Cukup tepat                                                  Skor  2
c. Kurang tepat                                                 Skor  1
d. Tidak tepat                                                    Skor  0


Mengetahui,                                                                          ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                                    Guru Mata Pelajaran,



 ---------------------------------                                                       ------------------------------
 NIP :                                                                                      NIP :

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons