Cari Blog Ini

Minggu, 26 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR ISI, SK DAN KD SEJARAH SMA XI.IPA


PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XI IPA / 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
1
2
3
4
5
6
1.Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
1.1  Menganalisis perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia


·    Mendiskripsikan Hipotesis Waisya tentang proses masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di kepulauan Indonesia.
·    Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Kutai.
·    Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Tarumanegara.
·    Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Sriwijaya
·       Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan kerajaan Kediri.
·       Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan kerajaan Kediri.
·       Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan kerajaan Singasari.
·       Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Majapahit.
·       Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Sunda.
·       Mendeskripsikan munculnya dan berkembangnya kerajaan Bali.
·      Mendeskripsikan Proses masuk dan perkembangan Islam di Nusantara.
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Samudera Pasai.
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Aceh.
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Demak.
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Pajang.
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Mataram.
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Banten.
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Gowa - Tallo.
·      Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya kerajaan Islam Ternate - Tidore.


Perkembangan negara tradisional (Hindu-Buddha dan Islam) di Indonesia









1.2.Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.


·    Mendeskripsikan perkembangan sistem pemerintahan dan struktur birokrasi di Hindia Belanda pada masa VOC
·     Mendeskripsikan perkembangan sistem birokrasi, militer, ekonomi dan sosial pada masa Pemerintah Herman Willem Daedels
·     Mendeskripsikan perkembangan sistem birokrasi, ekonomi, sosial dan Ilmu Pengetahuan di Hindia Belanda pada masa Pemerintah Thomas Stamford Raffles
·     Mendeskripsikan perkembangan sistem birokrasi dan ekonomi di Hindia Belanda pada masa Pemerintah Pemerintahan Hindia Belanda (Komisaris Jenderal)
·     Mendeskripsikan perkembangan sistem Tanam Paksa di Hindia Belanda pada masa Pemerintah Van Den Bosch
·     Mendeskripsikan penerapan politik ekonomi liberal kolonial
·     Mendeskripsikan penerapan politik etis pada bidang pemerintahan, hukum, ekonomi, dan pendidikan
·   Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi Indonesia-Jepang pada masa kolonial Belanda.
·   Mendiskripsikan Mendiskripsikan kebijakan politik Pemerintah Pendudukan Jepang di Indonesia
·   Mendiskripsikan Pembentukan Gerakan 3A, Poetra dan Jawa Hokokai.
·     Mendiskripsikan kerjasama Pemerintah Pendudukan Jepang dengan kaum nasionalis Islam
·   Mendiskripsikan pengerahan pemuda dan pembentukan organisasi semi militer.
·   Mendiskripsikan Pengerahan tenaga rakyat, ekonomi dan bhan pangan pada masa pendudukan Jepang

·    Perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.








1.3  Menganalisis proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia


·     Mendeskripsikan Faktor-faktor pendorong lahirnya pergerakan nasional Indonesia
·     Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya Budi Utomo sebagai pelopor pergerakan nasional Indonesia
·     Mendeskripsikan perkembangan Serikat Islam sebagai organisasi pergerakan nasional dari golongan Islam
·     Mendeskripsikan perkembangan Indische Partij sebagai organisasi pergerakan nasional nasionalis dari golongan Indo-Belanda
·     Mendeskripsikan perkembangan  PKI sebagai organisasi pergerakan nasional dari golongan sosilis-komunis
·     Mendeskripsikan perkembangan PNI sebagai organisasi pergerakan nasional dari golongan nasionalis
·     Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya PPPKI sebagai usaha untuk mempersatukan kekuatan organisasi pergerakan nasional
·     Mendeskripsikan muncul dan berkembangnya Gerakan Pemuda dan Sumpah Pemuda sebagai usaha untuk menggalang mempersatukan dan kesatuan nasional
·     Mendeskripsikan Perjuangan di dalam volksraad dengan Petisi Soetardjo dan GAPI


·    Menganalisis proses kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia








1.4 Menganalisis terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia.


·     Mendiskripsikan peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.
·     Mengidenifikasikan proses pembentukan kelengkapan-kelengkapan negara.
·     Mengidenifikasikan Perubahan otoritas KNIP dan pengaruhnya terhadap sistem pemerintahan di Indonesia

·    Terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia.








Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia

PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Sejarah.
Kelas / Semester            : XI IPA / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi
Waktu
1
2
3
4
5
6
2.Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa Proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
2.1  Merekon-struksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin


·     Mendiskripsikan kedatangan Sekutu dan  NICA di Indonesia
·     Menganalisis kontak fisik rakyat Indonesia dengan Sekutu dan Belanda di berbagai daerah
·     Perjuangan melalui jalur diplomasi untuk mempertahankan kemerdekaan
·     Mendiskripsikan proses penyerahan kedaulatan dari pemerintah Belanda kepada pemerintahan RIS.
·     Menganalisis proses pembentukan dan pembubaran Negara Republik Indonesia Serikat.
·     Mendiskripsikan pemerintahan di Indonesia pada masa Demokrasi Liberal


Perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga Demokrasi Terpimpin









2.2 Menganalisis pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru.


·     Mendiskripsikan Mendiskripsikan pemerintahan di Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
·     Mendiskripsikan proses terjadinya dan penumpasan  G 30 S / PKI
·     Mendiskripsikan proses lahirnya Orde Baru


Proses pergantian pemerintahan dari Demokrasi Terpimpin sampai lahirnya Orde Baru








Ruang Lingkup Mata Pelajaran Sejarah :
1) Prinsip dasar ilmu sejarah
2) Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3) Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4) Indonesia pada masa penjajahan
5) Pergerakan kebangsaan
6) Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia

Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons