Cari Blog Ini

Rabu, 08 Februari 2012

PEMETAAN SK-KD PEND. KEWARGANEGARAAN SMA


PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester            : X/1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
1.  Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara

  Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
  Menguraikan  pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
  Menganalisis  pengertian negara dan unsur  terbentuknya Negara



1.2. Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan 
  Menganalisis  pengertian Negara
  Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
  Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
  Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan




1.3. Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI

  Menguraikan pengertian dan fungsi negara
  Membandingkan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan Negara
  Mendeskripsikan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia




1.4. Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

  Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
  Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
  Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
  Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia



2. Menampil-kan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
2.1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional

  Mendeskripsikan pengertian hukum
  Menentukan macam-macam penggolongan Hukum
  Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material
  Menjelaskan sistem tata hukum Indonesia
  Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional




2.2. Menganalisis peranan lembaga-lembaga peradilan









  Menguraikan perangkat lembaga peradilan
  Menganalisis macam-macam lembaga peradilan
  Menganalisis peranan lembaga peradilan
  Menganalisis pelaksanaan lembaga peradilan




2.3. Menunjukkan sikap yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku

  Menunjukkan contoh sikap taat terhadap  hukum
  Menganalisis macam-macam perbuatan yang bertentangan dengan hukum
  Menganalisis macam-macam sanksi sesuai hukum yang berlaku




2.4. Menganalisis upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

  Mendeskripsikan macam-macam aturan tentang pemberantasan korupsi
  Menganalisis macam-macam perbuatan yang berkategori korupsi
  Menunjukkan contoh tindak pidana korupsi yang telah dikenakan sanksi




2.5. Menampilkan peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

  Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
  Menunjukkan contoh gerakan/ organisasi anti korupsi
  Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
  Manampilkan sikap anti korupsi



3. Menampil-kan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM)
3.1. Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM

  Menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan pemerintah
  Menentukan instrumen HAM nasional
  Mendeskripsikan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM yang dilakukan oleh individu dan masyarakat




3.2. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan   HAM di Indonesia












  Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM
  Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran  HAM
  Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia




3.3. Mendeskripsikan instrumen hukum dan peradilan internasional  HAM

  Mendeskripsikan instrumen HAM internasional
  Menunjukkan bentuk pelanggaran HAM internasional
  Mendeskripsikan peradilan HAM internasional



Jumlah




PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)


Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester            : X / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
4.Menganalisis hubungan dasar negara dengan konstitusi

4.1 Mendeskrips-ikan hubungan   dasar negara dengan konstitusi


  Mendeskripsikan pengertian dasar negara
  Mendeskripsikan pengertian konstitusi negara
  Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi
  Menyimpulkan keterkaitan dasar negara dengan konstitusi di sebuah negara



4.2 Menganalisis substansi konstitusi negara








  Menguraikan unsur sebuah konstitusi
  Menyimpulkan ciri sebuah konstitusi bagi negara tertentu
  Menganalisis substansi konstitusi Indonesia




4.3 Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia


  Mendeskripsikan pokok pikiran yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
  Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945
  Menguraikan makna tiap alinia yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945




4.4 Menunjukkan sikap positif terhadap konstitusi  negara



  Menunjukkan periodesasi konstitusi Indonesia
  Mendeskripsikan kesepakatan dasar dalam melakukan perubahan.
  Menguraikan fungsi perubahan sebuah konstitusi
  Menyimpulkan perilaku positif terhadap konstitusi negara



5. Menghargai  persamaan  kedudukan warga negara dalam berbagai   aspek kehidupan
5.1. Mendeskrips-ikan kedudukan warga negara dan pewarganegaraan di Indonesia






  Mendeskripsikan kedudukan warga negara yang diatur dalam UUD 1945
  Menguraikan persyaratan untuk menjadi warga negara  Indonesia dan hal yang menyebabkan hilangnya status kewarganegaraan
  Menjelaskan asas kewarganegaraan yang berlaku secara umum





5.2.Menganalisis persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan negara









  Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  Mendeskripsikan landasan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
  Memberikan contoh perilaku yang menampilkan persamaan kedudukan warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara





5.3. Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
  Menunjukkan persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku
  Mengidentifikasi ciri ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku secara garis besar
  Menghargai persamaan kedudukan warga negara   tanpa membedakan ras, agama, gender, golongan, budaya, dan suku




6. Menganalisis sistem politik di Indonesia
6.1 Mendeskripsi-kan supra struktur dan infra struktur politik di Indonesia








  Mendiskripsikan pengertian sistim politik Indonesia
  Mendeskripsikan supra struktur politik Indonesia
  mendeskripsikan infrastruktur politik





6.2.Mendeskripsikan perbedaan sistem politik di berbagai negara






  Menguraikan dinamika politik Indonesia
  Menunjukkan kelebihan dan kelemahan sistim politik yang dianut Indonesia
  Mendeskripsikan perbedaan sistim politik Indonesia dengan negara liberal dan komunis






6.3 Menampilkan peran serta  dalam sistem politik di Indonesia


  Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik
  Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
  Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah ( Pemilu )
  Berperan serta secara aktif dalam sistim politik di Indonesia



Jumlah




 
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)


Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester            : XI / 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
1.  Menganalisis budaya politik di Indonesia



1.1.Mendeskrip-sikan pengertian budaya politik

  Mendeskripsikan pengertian budaya politik



1.2.menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia

  Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk
  Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia



1.3.mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik

  Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia



1.4.menampilkan peran serta budaya politik partisipan

  Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia



2.  Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani

2.1.Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi

  Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi
   
  Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi




2.2.Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani

  Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani
  Mengidentifikasi  ciri-ciri masyarakat madani




2.3.Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi

  Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia




2.4.Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
  Menunjukkkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari



3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.1.Mendeskripsikan pengertian  dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

  Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
  Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara




3.2.menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan

  Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan




3.3.Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

  Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari



Jumlah




 
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester            : XI / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
4. Menganalisi-s hubungan internasional dan organisasi internasional
4.1.Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara
  Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
  Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional
  Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional



4.2.Menjelaskan Tahap-tahap perjanjian internasional

  Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional



4.3.Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional

  Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional



4.4.Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia

  Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia



5.  Menganalis-is sistem hukum dan peradilan internasional

5.1.Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional

  Menguraikan   sistem hukum dan oeradilan internasional




5.2.Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional

  Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional
  Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional




5.3.Menghargai putusan Mahkamah Internasional

  Menunjukkan  sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional



Jumlah




 
PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester            : XII / 1
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
1.  Menampil-kan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
1.1 Mendeskripsi-kan Pancasila sebagai ideologi terbuka
  Mendeskripsikan makna ideologi negara
  Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
  Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara
  Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
  Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka




1.2  Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

  Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.
  Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
  Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan




1.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

  Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
  Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.



2. Mengevalu-asi berbagai sistem pemerintahan

2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
  Mendeskripsikan penegertian system pemerintahan
  Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
  Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
  Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer




2.2  Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
  Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.
  Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan




2.3 Membandin-gkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di  Indonesia dengan negara lain

  Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
  membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain



Jumlah




PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)


Satuan Pendidikan        : ................................
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) .
Kelas / Semester            : XII / 2
Tahun Pelajaran           : 20... -20...
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek
Ket
Penguasaan Konsep
dan Nilai-nilai
Penerapan
3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
3.1   Mendeskrips-ikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia

  Menguraikan pengertian, fungsi pers dalam masyarakat yang demokratis
  Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
  Menguraikan peranan pers dalam masyarakat demokratis



3.2  Menganalisis  pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia

  Menguraikan pengertian kode etik jurnalistik
  Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
  Menunjukkan contoh-contoh penyimpangan kode etik jurnalistik dari berbagai media
  Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers



3.3  Mengevaluasi  kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia

  Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
  Menunjukkan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa/ pers.



4. Mengevaluasi dampak globalisasi
4.1 Mendeskripsi-kan  proses, aspek, dan dampak  globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  Mengemukakan proses globalisasi
  Mendeskripsikan aspek globalisasi
  Mendeskripsikan  dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara




 4.2 Mengevaluasi pengaruh globalisasi terhadap kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia
  Mendeskripsikan pengaruh globalisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara
  Menunjukkan contoh pengaruh Negara lain yang dirasakan oleh bangsa Indonesia




4.3.Menentukan sikap terhadap pengaruh dan implikasi    globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia

  Menentukan posisi terhadap implikasi globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi.




4.4.Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi terhadap Bangsa dan Negara Indonesia
  Meresensi tulisan tentang pengaruh globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  Membuat karya tulis tentang pengaruh globalisasi
  Mempresentasikan tulisan tentang pengaruh globalisasi



Jumlah




Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel PKN



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

1 comments:

wulantri mengatakan...

cara mengisi aspek penguasaan konsep dan penerapan itu gimana kak?

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons